SELAMAT DATANG DI DESA SIDOLAJU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI

Artikel

Pelatihan Teknologi Tepat Guna Untuk Pertanian Di Desa Sidolaju

01 Desember 2022 11:56:44  Administrator  199 Kali Dibaca  Berita Desa

sidolaju.desa.id - Pemerintah Desa Sidolaju menyelenggarakan pelatihan Teknologi Tepat Guna(TTG) dalam rangka mensukseskan Program Pemerintah Kabupaten Ngawi yaitu pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan, Kamis (01/12/2022). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Balai Desa Sidolaju yang dihadiri oleh Kepala Desa Sidolaju (Karminto,S.Sy), Perangkat Desa Sidolaju,  Pengurus Kelompok Tani, PKK dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan SDM khususnya petani di wilayah Desa Sidolaju tersebut menghadirkan Marsudiyanto, SP dan Ladhianto Pratama, SP sebagai narasumber yang tidak lain adalah PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) di wilayah Desa Sidolaju, dilanjutkan dengan praktek pembuatan pupuk cair dari bonggol pisang.

Disampaikan oleh Karminto, bahwa untuk menanggapi keluhan petani tentang kuota pupuk bersubsidi yang berkurang dalam beberapa musim kemarin, maka diadakanlah pelatihan ini yang diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi masalah tersebut. 

Dikatakan oleh Sumardiyanto bahwa bahan organik sangat dibutuhkan untuk perbaikan kualitas lahan pertanian dan bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan. Penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitas dan dapat mencegah degradasi lahan.

Selain itu  juga disampaikan bahwa “Salah satu Visi Misi Kabupaten Ngawi adalah pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan. Jadi pengelolaan budidaya pertanian dengan mengurangi penggunaan pupuk maupun pestisida kimia, akan dihasilkan produk pertanian yang lebih berkualitas dan sehat. 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Solo - Ngawi No 5
Desa : Sidolaju
Kecamatan : Widodaren
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63256
Telepon :
Email :