SELAMAT DATANG DI DESA SIDOLAJU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI

Artikel

Mengenal Tanda Bahaya Persalinan dan Ibu Nifas Melalui Kelas Ibu Hamil Desa Sidolaju

05 Desember 2022 18:52:18  Administrator  4.345 Kali Dibaca  Berita Desa

sidolaju.desa.id - Sabtu (03/12/2022) bertempat di Balai Desa Sidolaju Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi, Pemerintah Desa Sidolaju bekerjasama dengan UPT Kauman mengadakan acara Kelas Ibu Hamil.

Hadir Ika Restina Kusumaningrum,Amd. Keb. (Puskesmas Kauman), Wiwik Rahayu,Amd.Keb.(Bidan Desa Sidolaju) serta 9 peserta ibu hamil.

Materi pertama disampaikan oleh Ika,  mengenai tanda bahaya saat persalinan dan tanda bahaya ibu nifas. Tanda-tanda bahaya pada persalinan misalnya perdarahan lewat jalan lahir, tali pusat atau tangan bayi keluar dari jalan lahir, ibu tidak kuat mengejan, ibu kejang, air ketuban keruh dan berbau, ibu gelisah dan ibu merasakan sakit yg hebat. Sedangkan tanda bahaya pada ibu nifas yaitu pendarahan yang berlebih, infeksi rahim, gangguan buang air kecil, sesak nafas dll.

Materi kedua disampaikan oleh Wiwik mengenai KB Pasca Persalinan.   KB Pasca Persalinan merupakan upaya pencegahan kehamilan dengan menggunakan metode/alat/obat kontrasepsi segera setelah melahirkan sampai dengan 42 hari/ 6 minggu setelah melahirkan.

Diakhir acara disampaikan harapan,  semoga setelah mengikuti kelas ibu hamil kelak para ibu hamil siap melaksanakan persalinan dengan nyaman. Ketika paham akan tanda-tanda bahaya persalinan dan ibu nifas maka ibu hamil bisa melakukan pencegahan sejak dini. 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Aparatur Desa

Back Next